PERINGATI MALAM NUZUL QUR’AN, PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB STAIN BENGKALIS GELAR SAFARI RAMADHAN

Kampus Melayu (humas) Bengkalis – Peringati malam nuzul qur’an 17 Ramadhan 1440 Hijriah, program studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) beserta seluruh pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PBA Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis laksanakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa safari Ramadhan, Selasa (21/05/2019).

Kegiatan safari Ramadhan tersebut digelar di Musholla Nurul Falah di Desa Pematang Duku Timur. Mengusung tema “Bulan Suci Ramadhan Sebagai Madrasah Taqwa Bagi Insan yang Beriman” kegiatan safari ramadhan dihadiri oleh wakil ketua bidang kemahasiswaan dan kerja sama STAIN Bengkalis, Wira Sugiarto, S.IP, M.Pd.I, Ketua jurusan tarbiyah dan keguruan, Ika Kurnia Sofiani, S.Th.I, M.Pd, Ketua prodi PBA, Edi Suyanto, Lc, M.Pd, segenap dosen dan mahasiswa yang tergabung dalam HMPS Pendidikan Bahasa Arab STAIN Bengkalis.

Ketua STAIN Bengkalis, Prof. Dr. H. Samsul Nizar, M.Ag yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil ketua bidang kemahasiswaan dan kerja sama, Wira Sugiarto, S.IP, M.Pd.I dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan safari Ramadhan merupakan agenda rutin tahunan yang telah dilaksanakan oleh beberapa program studi di STAIN Bengkalis sebagai bentuk jalinan silaturahim dan pengabdian kepada masyarakat.

“Safari ramadhan merupakan salah satu upaya dari kami selaku keluarga besar STAIN Bengkalis untuk berinteraksi dengan masyarakat dan sebagai bentuk pengabdian kami. Karena pada akhirnya, mahasiswa-mahasiswa akan kembali kepada masyarakat sehingga yang dibutuhkan tidaklah hanya belajar formal didalam kelas saja, tetapi juga diluar kelas.” Ungkap Wira.
Sementara itu, pengurus Musholla Nurul Falah Pematang Duku Timur menyampaikan ucapan terimakasih atas kedatangan tim safari Ramadhan dari STAIN Bengkalis

“Saya mewakili seluruh jama’ah Musholla Nurul Falah Pematang Duku Timur mengucapkan terima kasih atas kehadiran keluarga besar STAIN Bengkalis untuk melakukan safari ramadhan di musholla kami ini yang bertepatan dengan malam nuzul qur’an. Biasanya sulit bagi kami untuk mencari penceramah pada malam ini, namun dengan kehadiran bapak ibu dosen dan seluruh mahasiswa, peringatan malam nuzul qur’an dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya.” Ungkap pengurus musholla.

Ketua HMPS Pendidikan Bahasa Arab STAIN Bengkalis, Agung Pranoto menyampaikan bahwa terlaksananya kegiatan ini berkat dukungan dan kerjasama dari semua pihak, baik itu STAIN Bengkalis maupun pengurus musholla Nurul Falah.

“Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan pada malam ke 21 Ramadhan, namun dikarenakan permintaan pengurus musholla Nurul Falah, kegiatan ini dipercepat menjadi malam ke 17 Ramadhan sekaligus sebagai peringatan malam nuzul qur’an yang memang setiap tahun diperingati oleh jamaah musholla Nurul Falah Pematang Duku Timur.” Ungkap Agung.

Adapun rangkaian kegiatan safari ramadhan oleh program studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) di desa Pematang Duku Timur diisi tausyiah agama oleh salah satu mahasiswa PBA. Kegiatan safari Ramadhan ditutup dengan pemberian cendra mata oleh wakil ketua bidang kemahasiswaan dan kerja sama STAIN Bengkalis kepada pengurus Musholla Nurul Falah Pematang Duku Timur.

Rencananya kegiatan safari ramadhan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) ini akan dilakukan selama 4 hari kedepan (21-24 Mei 2019) dibeberapa Masjid dan Musholla di Kecamatan Bantan dan Bengkalis, yakni Musholla Nurul Falah, Masjid Nurul Huda Rimbas, dan Musholla Al-Mubarok Bantan.