ASESMEN LAPANGAN DARING PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB STAIN BENGKALIS OLEH BADAN AKREDITASI NASIONAL PERGURUAN TINGGI

Sebagai proses evaluasi dan penilaian secara konverehensif atas komitmen program studi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan Program Tridarma Perguruan Tinggi, guna menentukan kelayakan program studi untuk menyelenggarakan Program Akademiknya, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab STAIN Bengkalis melaksanakan Asesmen Lapangan (AL) Akreditasi Program Studi pada Rabu ( 16/12/2020).

Kegiatan AL secara daring ini dilakukan oleh seluruh tim akreditasi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab STAIN Bengkalis bersama Prof. Dr. Abdul Munip , M. Ag dari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Prof. Mohammad Husnan Lubis,MA.,Ph.D dari Universitas Sumatra Utara.

Asesmen ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada tanggal 16-17 Desember  2020 . Pada hari pertama berbagai macam aspek penilaian terkait VMTS, Tata Pamong, Kemahasiswaan, SDM, Kurikulum, Keuangan dan Kegiatan Penelitian serta Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Arab STAIN Bengkalis.

Dalam kesempatan yang sama asesor juga menyinggung tentang proses pembimbingan akademik. Berdasarkan data yang ada serta informasi dari Prodi diketahui bahwa bimbingan akademik di lakukan oleh mahasiswa setiap semester dengan frekuensi tiga hingga empat kali bimbingan atau bahkan lebih sesuai dengan kendala yang di hadapi oleh masing-masing mahasiswa.

Tidak hanya Dosen, kedua Asesor juga mewawancarai Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab mengenai hal-hal yang berkaitan dengan materi ajar, beasiswa dan prestasi-prestasi yang pernah di raih.

‘’Bimbingan yang kami lakukan  ini pak mengenai pengisian KRS, KHS dan juga motivasi-motivasi agar kami bisa meningkatkan prestasi” Ujar salah satu Mahasiswa Stain Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Stain Bengkalis.

Sejauh ini, proses Asesmen yang dilakukan secara daring ini berjalan dengan lancar. Meskipun waktu yang diberikan dua hari, akan tetapi dalam jangka waktu sehari, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab mampu menyelesaikan semua pertanyaan yang di ajukan oleh para Asesor dengan baik. Hingga pada hari kedua  asesor hanya mengevaluasi ulang dokumen Akreditasi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab.

“Semoga Program Studi Pendidikan Bahasa Arab STAIN Bengkalis bisa dikenal di dalam Negeri maupun di Luar Negeri dengan cara meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia.” Ujar salah satu Asesor kepada seluruh tim akreditasi Program Studi  Pendidikan Bahasa Arab saat menutup proses Asesmen Lapangan Daring.