Siapkan Sosok Guru yang Berintelektual dan Berkepribadian, Prodi PAI Gelar Workshop Soft Skill

Kampus Melayu (humas) Bengkalis – Guna menggali jati diri seorang guru untuk menjadi insan kamil, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis selenggarakan Workshop Soft Skill dengan tema “Menciptakan Sumber Daya Manusia yang Unggul dari Sisi Intelektual dan Kepribadian”, Selasa (19/11/2019).

Workshop Soft Skill diisi oleh tiga narasumber pakar dan profesionalisme, Prof. Dr. H. Samsul Nizar, M.Ag yang merupakan Ketua STAIN Bengkalis, Dr. Sawaluddin, M.Pd.I yang merupakan Wakil Dekan III Saintek STAIN Mandailing Natal Sumatera Utara dan Dr. Hj. Zaitun, M.Ag yang merupakan Kepala P2M UIN Suska Riau.

Turut hadir dalam acara tersebut, Plt. Wakil Ketua Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. H. Saifunnajar, MH, Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Wira Sugiarto, S.IP, M.Pd.I, Ketua Jurusan Tarbiyah dan Keguruan, Ika Kurnia Sofiani, S.Th.I, M.Pd.I, Ketua dan sekretaris Prodi PAI, Dra. Robiah, M.Pd dan Supardi Ritonga, M.Pd, Ketua dan Sekretaris Prodi di lingkungan STAIN Bengkalis, para dosen tetap Prodi PAI,dan seluruh mahasiswa Prodi PAI. Acara juga dihadiri oleh Perwakilan Kemenag Bengkalis, dan perwakilan Guru PAI dari SLTP dan SLTA sederajat di Kabupaten Bengkalis.

Ketua Prodi Pendidikan Agama Islam, Dra. Robiah, M.Pd menuturkan bahwa kegiatan ini sebagai upaya untuk menggali jati diri seorang guru maupun calon guru khususnya mahasiswa prodi PAI agar menjadi seorang pendidik yang mandiri, berkarakter, memiliki jiwa intelektual dan spiritual yang tinggi.

Menanggapi hal tersebut, Ketua STAIN Bengkalis, Prof. Dr. H. Samsul Nizar, M.Ag dalam sambutannya berikan apresiasi atas terselenggaranya Worshop Soft Skill yang di taja oleh Prodi Pendidikan Agama Islam.

“STAIN Bengkalis akan selalu berupaya untuk membina karakter mahasiswa yang berakhlakul karimah sesuai dengan tujuan perguruan tinggi. Sebab, manusia unggul harus mengintegrasikan antara kekuatan intelektual dan kepribadian (akhlak) secara baik. Hanya dengan integrasi tersebut, upaya menyiapkan SDM unggul dengan keshalehan vertikal dan horizontal akan dapat dicapai.” Ungkap Prof Samsul.

Diakhir acara pembukaan, Plt. Wakil Ketua Bidang Akademik dan Kelembagaan didampingi oleh Ketua Prodi PAI berikan sertifikat penghargaan kepada ketiga narasumber. Acara kemudian dilanjutkan dengan foto bersama sebelum acara inti dimulai.